Experiencing Home Learning


Hai! Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi pengalamanku selama melakukan kegiatan Home Learning.

Kalian pasti belakangan ini sering mendengar dan membaca dimana pun, entah di berita, artikel di internet, mungkin koran, atau bahkan mendengar dari desas-desus orang-orang sekitar mengenai COVID-19. Semakin meningkatnya kasus COVID-19 membuat banyak orang menjadi takut dan waspada akan penularan yang terjadi. Di keadaan yang genting ini, akhirnya dilakukanlah sistem pembelajaran secara online yaitu Home Learning. Bagi pembaca sekalian yang sudah membaca artikel Mari Mengenal Home Learning ku yang sebelumnya, pasti sudah mengerti dong apa itu home learning?
Hari pertama home learning ku bisa dibilang masih santai. Mengapa? Karena kegiatan ini belum berjalan secara efektif. Maksud dari belum efektif di sini adalah masih belum ada kegiatan pembelajaran. Jadi, saat itu aku sedikit merasa senang karena tidak akan ada tugas hari itu, pikirku. Hari pertamaku menjalani home learning ini digunakan untuk mendaftar dan meng-explore di aplikasi Google Classroom untuk persiapan pembelajaran secara online di esok hari dan pemberian informasi seperti jadwal pelajaran selama home learning, tata cara dan peraturan selama kegiatan berlangsung, dan lain sebagainya.

Keesokan harinya kegiatan pembelajaran online akhirnya mulai berjalan secara efektif. Guru bidang studi masing-masing memberikan tugas-tugas untuk dikerjakan oleh murid. Tugas-tugas tersebut diberi deadline atau batas waktu pengumpulan. Jadi, setiap murid harus mengumpulkan tugasnya sebelum waktu yang ditentukan. Selain mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, terkadang ada juga kegiatan pembelajaran dengan streaming (walaupun belum terlalu efektif) sehingga kegiatan belajar dan mengajar tetap dapat berjalan, walaupun dibatasi oleh jarak. Kegiatan ini terus terulang setiap harinya (Senin-Jumat) selama sistem pembelajaran online ini masih diberlakukan.

Sepertinya aku sudah banyak mengatakan "tidak/belum efektif" ya? Hehe

Begini, selama menjalani kegiatan home learning ini, seringkali aku merasa ada yang kurang dalam pembelajaran sehingga aku mengatakannya sebagai kurang efektif. Yang selama ini aku lakukan selama kegiatan ini berlangsung hanyalah mengerjakan tugas. Terkadang aku bahkan menjadi jenuh dan malas untuk menjalankannya. Bagaimana tidak? Selalu mengerjakan tugas hingga bahkan aku tidak tahu apa yang sedang ku kerjakan, tanpa adanya penjelasan materi yang memadai, keterbatasan ruang untuk bertanya ketika ada sesuatu yang tidak dimengerti, dan bahkan terlalu banyaknya tugas yang diberikan dengan deadline yang terkadang terlalu mepet. 

Untuk kamu, pembaca yang juga merasakan hal yang sama, aku sarankan untuk dapat lebih mengatur waktumu. Bangun lebih awal dari jam mulai pembelajaran, dan jangan lupa, tetap absen kehadiran. Selain itu supaya ketika mengerjakan tugas tidak mudah jenuh, tata lah ruanganmu atau tempat dimana kamu belajar dan mengerjakan menjadi tempat yang nyaman. Ketika sedang belajar lalu sudah merasa mulai malas, kamu bisa mengambil makanan atau cemilanmu sehingga kamu dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan lebih rileks dan tidak tertekan.

Tempat belajarku selama Home Learning

Jadi menurutku, sistem pembelajaran home learning ini lebih terkesan fleksibel namun sedikit lebih rumit. Walau demikian, sisi positifnya kita tetap bisa melanjutkan kegiatan sekolah walaupun hanya secara online, dapat belajar dan mengerjakan tugas sambil bersantai-ria, dan masih banyak lagi. 

Nah, sampai di sini dulu pengalamanku selama home learning. Tetap semangat belajar ya bagi yang melaksanakan home learning! Tetap jaga kesehatan, #dirumahaja, dan yang paling penting rajin berdoa.

Have a nice day!


Comments