Mari Mengenal Home Learning!


Belakangan ini kita sering mendengar kata home learning. Apa itu home learning? Home learning merupakan suatu kegiatan atau sistem pembelajaran atau pendidikan siswa yang dimana tidak mengharuskan kehadiran siswa secara fisik di sekolah (online). Kegiatan "belajar di rumah" ini mulai diterapkan sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga 27 Maret 2020 atas keputusan pemerintah Republik Indonesia. Home learning (belajar di rumah) bukan berarti siswa dapat secara bebas mengambil waktu belajar atau secara sesuka hati mengerjaan atapun tidak mengerjakan tugas. Namun, kegiatan ini tetap diawasi oleh guru-guru sesuai dengan bidang studinya secara online.

Mengapa kegiatan ini diterapkan? Kita tentu sudah mendengar bahwa COVID-19 sudah tiba di tanah air. Sebuah studi terbaru menunjukkan potensi penularannya dapat melalui udara. Selain itu, virus ini juga dapat menular melalui droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan, menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus di atasnya yang kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan dengan benar (menggunakan sabun). Mendengar hal ini, kewaspadaan dan kesadaran diri untuk melakukan pencegahan harus dilakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem home learning ini. Oleh sebab itu, sistem pembelajaran secara online ini akhirnya diterapkan dalam rangka menghindari penyebaran atau penularan COVID-19. 

Jadi, untuk menghindari penularan yang terjadi, kita perlu mengurangi pertemuan atau perkumpulan dan kontak fisik dengan banyak orang. Maka, home learning  menjadi alternatif paling efektif untuk terus menunjang pendidikan karena sistem pembelajaran ini secara online yang berarti tidak perlu berkumpul atau bertemu secara fisik dan juga akan mengurangi kontak fisik dengan siswa lainnya sehingga mengurangi potensi penyebaran atau penularan. Dengan diterapkannya home learning ini, semoga kita semua tetap semangat belajar dan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk menimbah ilmu.

Comments