Karya Ilmiah : BAB I



PENGARUH KEBIASAAN PELAJAR SMA KASIH KARUNIA TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia


Oleh

HOSELLA ANGELENE
(XI-IPS/03)


YAYASAN DAMAI KASIH KARUNIA
SMA KASIH KARUNIA
Taman Palem Lestari Blok F6 No. 21-23, Cengkareng-Jakarta Barat

TAHUN AJARAN 2019/2020
_________________________________________________________________________________

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Lingkungan alam merupakan lingkungan yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Lingkungan alam dapat berubah-ubah kondisinya. Mulai dari faktor bencana alam hingga buruknya kebiasaan manusia.

Setiap manusia tentu memiliki kebiasaan yang sangat beragam. Ada kalanya kebiasaan tersebut tidak hanya dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan, namun juga dapat merugikan lingkungan.

Manusia sebagai makhluk yang paling tinggi derajatnya diantara makhluk ciptaan Tuhan lainnya, memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Terkadang kita menyalahkan pemerintah atas terjadinya musibah atau kerugian yang menimpa kita. Padahal penyebab utama dari musibah tersebut biasanya berasal dari kita sendiri.

Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta sudah menjadi langganan bencana banjir setiap tahunnya. Biasanya, banjir tersebut disebabkan oleh curah hujan yang berkepanjangan, kekurangan lahan serap hijau, dan kelalaian manusia dalam menjaga lingkungan. Namun, yang sering kali menjadi penyebab dari bencana tersebut adalah kelalaian manusia yang membuang sampah sembarangan, sehingga menyumbat aliran air dan menyebabkan air tergenang tinggi.

Pada kesempatan ini, penulis tertarik untuk meneliti pengaruh kebiasaan pelajar SMP-SMA Kasih Karunia terhadap kelestarian lingkungan sekolah.

1.2  Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh atau dampak kebiasaan pelajar SMP-SMA Kasih Karunia terhadap kelestarian lingkungan sekolah.

1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
  1. Apa pengaruh kebiasaan pelajar SMA Kasih Karunia terhadap kelestarian lingkungan sekolah?
  2. Apa yang harus dilakukan pelajar SMA Kasih Karunia dalam hal mengatasi pengaruh kebiasaan pelajar terhadap kelestarian lingkungan sekolah?

1.4 Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan pelajar SMA Kasih Karunia terhadap kelestarian lingkungan sekolah. 
  2. Untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menangani pengaruh kebiasaan pelajar terhadap kelestarian lingkungan sekolah.

1.5 Manfaat Penelitian
  1. Agar pelajar dapat mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat memberikan dampak bagi kelestarian lingkungan sekolah.
  2. Agar pelajar dapat mengetahui solusi dari penanganan kerusakan lingkungan.

Comments