5 Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar PPKN!


Sejak di bangku Sekolah Dasar (SD), kita tentu telah diajarkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Tidak hanya diajarkan saat di Sekolah Dasar, namun PPKn terus diajarkan hingga di jenjang perguruan tinggi. PPKn merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari selain Pendidikan Agama. 

Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa itu PPKn? Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan itu sendiri adalah suatu bidang studi atau mata pelajaran yang bertujuan untuk meyakini dan menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman untuk menjadi warga negara yang baik menurut pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Jadi, mengapa kita perlu mempelajari PPKn? Berikut merupakan 5 alasan mengapa kita perlu belajar PPKn:
  1. Melalui PPKn, kita memiliki wawasan tentang negara kita, seperti bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan lain sebagainya.
  2. PPKn bertujuan untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap dan perilaku yang cinta tanah air, serta ketahanan nasional dalam diri Warga Negara Republik Indonesia (WNI). Sehingga dengan mempelajari PPKn, kita akan semakin menyadari pentingnya mencintai tanah air dan bela negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan negara kita.
  3. PPKn membekali kita dengan berbagai pengajaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga dapat meningkatkan kualitas warga negara Indonesia yang berbudi luhur, bermoral, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, bertanggung jawab, produktif, serta sehat secara jasmani dan rohani.
  4. Pendidikan PKn penting dalam membentuk warga negara Indonesia yang baik sesuai dengan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan akhlak mulia.
  5. Yang terakhir adalah PPKn memberikan kita pengetahuan tentang kehidupan berpolitik dan hukum negara. Kita sebagai warga negara dapat mengetahui tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
Nah, demikian 5 alasan mengapa kita perlu mempelajari PPKn. Jadi sudah tahu kan betapa pentingnya mempelajari PPKn? 

Semoga bermanfaat dan menginspirasi banyak orang untuk semakin semangat mempelajari PPKn. 

Sekian dan terima kasih.


Comments

  1. Sangat bermanfaat dan inspiratif...

    ReplyDelete
  2. PPKN diperlukan,Agar setiap Warga Negara Indonesia sadar memiliki tanggung jawab terhadap negara,bukan hanya menuntut negara memberikan perhatian ,tetapi sebaliknya apa yg bisa dikontribusikan warganegara terhadsp negaranya.

    ReplyDelete

Post a Comment