Masalah Sosial : Teori & Faktor

"You can achieve great economic gains by solving social problems"-Paul Tudor Jones



TEORI
Masalah sosial dapat dilihat dari teori fungsionalis, teori konflik, dan teori interaksi simbolis.
  • Teori fungsionalisme                 : Semua bagian masyarakat mempunyai fungsinya masing-masing. Jika salah satu bagian dari masyarakat tidak menjalankan fungsinya dengan baik, dapat terjadi ketidakteraturan sosial dalam bentuk masalah sosial.
  • Teori konflik                               : Masalah sosial timbul dari berbagai macam konflik sosial. Konflik sering kali terjadi karena tidak adanya penghargaan terhadap perbedaan antar individu ataupun kelompok.
  • Teori interaksionisme simbolik : Masalah sosial muncul karena pergaulan dengan penggaran hukum dan pelabelan karakter yang buruk.

FAKTOR PENYEBAB
Masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor-faktor ekonomis, biologis, psikologis, dan sosial-budaya.
  1. Faktor ekonomi                    : Kemiskinan. Kemiskinan dapat dibagi menjadi 2, yaitu kemiskinan kultural (rasa malas, boros, dan tidak disiplin) dan kemiskinan struktural (kebijakan ekonomi yang tidak adil, distribusi aset produksi tidak merata, dan korupsi).
  2. Faktor biologis                      : Masalah endemis/penyakit menular. Contoh : flu burung dan HIV.
  3. Faktor psikologis                   : Depresi, stress, gangguan jiwa, gila, tekanan batin, penyakit saraf, bunuh diri, dsb.
  4. Faktor sosial & kebudayaan : Perceraian, kriminalitas, pelecehan seksual, kenakalan remaja, konflik rasial dan keagamaan, krisis moneter, dsb.



Comments