Teks Editorial : Kasus COVID-19 di Indonesia Semakin Meningkat, Ada Apa?

(12/08/20) - Di masa pandemi yang tak kunjung kelar ini, kasus COVID-19 masih terus menjadi topik hangat yang dibicarakan di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Setiap harinya, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Bahkan angka kasus positif COVID-19 di Indonesia diketahui telah melampaui angka kasus positif di Negeri Tirai Bambu, China, negara dimana pandemi virus corona ini bermula. Apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa hal ini dapat terjadi?

Seperti yang kita ketahui saat ini, New Normal di Indonesia sedang diterapkan dimana masyarakat diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di luar rumah (bagi mereka yang diharuskan atau jika ada keperluan mendesak saja) namun disertai dengan syarat yaitu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah disusun oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Melalui pemerintah, seluruh masyarakat diimbau untuk wajib mengenakan masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lain ketika beraktivitas di luar rumah. Lalu mengapa kasus COVID-19 masih terus melonjak? 

Dari data per Selasa, 11 Agustus 2020, angka terkonfirmasi positif di Indonesia telah mencapai 128.776 kasus. Data ini menunjukkan bahwa jumlah positif telah bertambah sekitar 1.693 kasus dalam sehari (hari sebelumnya berjumlah 127.083). Bertambahnya kasus positif yang pesat ini menunjukkan bahwa penyebaran virus corona masih ada di tengah masyarakat. Itu berarti, masih banyak masyarakat yang belum disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan menerapkan penggunaan masker dan jaga jarak aman dengan sesama. 

Selain itu, melonggarnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sedangkan Indonesia belum mengalami penurunan kasus positif juga menjadi faktor lainnya mengapa angka terkonfirmasi positif terus meningkat. Epidemiolog Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani, mengatakan, "karena PSBB tidak lagi diterapkan tetapi dilonggarkan maka ini akan memunculkan potensi penularan semakin meluas. Ini semakin bisa diperparah atau dipertinggi kasus penularannya jika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan secara patuh dan disiplin."

Dalam rangka untuk mengurangi lonjakan angka terkonfirmasi positif di negeri tercinta kita, Indonesia, kita sudah sepatutnya untuk mengambil langkah mulai dari diri kita sendiri dengan menaati dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga harapan kita bagi dunia, terutama Indonesia untuk pulih, dapat tercapai secepatnya.


Comments