Surat Lamaran Pekerjaan


PENGERTIAN
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi yang ditulis untuk mendapatkan pekerjaan, berisikan informasi tertentu mengenai pelamar, seperti identitas diri, pernyataan melamar pekerjaan, kualifikasi pelamar, data lainnya, dan biasanya dilengkapi dengan lampiran beberapa dokumen dan daftar riwayat hidup.

SISTEMATIKA 
Berdasarkan sistematikanya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tiga (3) bagian, yaitu :
  1. Kepala surat,
  2. badan surat, dan
  3. kaki surat.
UNSUR-UNSUR
Surat lamaran pekerjaan dibangun oleh unsur-unsur tertentu yang terdapat dalam bagian sistematika. Unsur-unsur tersebut antara lain :
  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat (nama kota, tanggal, bulan, dan tahun pembuatan surat),
  2. lampiran (jumlah dokumen yang disertakan dalam surat lamaran),
  3. perihal (tujuan pembuatan surat),
  4. alamat penerima surat (nama orang atau perusahaan dan alamat yang dituju),
  5. pembuka surat (salam pembuka dan keterangan informasi lowongan kerja),
  6. permohonan diri (pernyataan melamar pekerjaan),
  7. indentitas diri (data diri pelamar),
  8. kualifikasi pelamar (daftat lampiran sebagai bahan pertimbangan),
  9. penutup (ucapan terima kasih),
  10. salam penutup,
  11. tanda tangan pelamar, dan
  12. nama lengkap pelamar.



Agar dapat lebih memahaminya, baca dan amatilah surat lamara pekerjaan berikut ini.

CONTOH
SURAT LAMARAN PEKERJAAN
_______________________________________________________

Jakarta, 17 Juli 2020
Lampiran  : Satu Berkas
Perihal      : Lamaran Kerja Guru

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Kasih Karunia
Taman Palem Lestari Blok F6 No. 21-23
Cengkareng - Jakarta Barat

Dengan hormat, 
Surat ini saya buat sebagai tanggapan untuk informasi lapangan kerja dengan posisi sebagai guru bahasa Inggris yang terdapat di halaman web Lowongan Guru Sejahtera pada tanggal 15 Juli 2020. 

Dengan pengalaman mengajar di Sekolah Menengah Atas Internasional Cahaya Berkat yang sudah lebih dari tiga tahun, dan dengan ilmu pengetahuan yang saya terima selama di perguruan tinggi, saya yakin saya adalah kandidat yang teap untuk posisi ini.

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran ini kepada Bapak/Ibu dengan kualifikasi sebagai berikut :
Nama                             : Felicie Sandrina Lutney, S.Pd.
Tempat/tanggal lahir  : Jakarta, 13 September 1994
Alamat                         : Jalan Merdeka 5 No. 27, Jakarta Barat
Pendidikan terakhir  : Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Bersatu, Bandung

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan dokumen sebagai berikut :

  1. Daftar riwayat hidup;
  2. Pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 dua lembar;
  3. Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai (legalisir);
  4. Fotokopi sertifikat kursus bahasa Inggris;
  5. Fotokopi Akta IV (legalisir);
  6. Curriculum Vitae (CV); dan
  7. Fotokopi KTP.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya bahwa Bapak/Ibu akan mempertimbangkan lamaran ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
𝓕𝓮𝓵𝓲𝓬𝓲𝓮 𝓛𝓾𝓽𝓷𝓮𝔂
Felicie Sandrina Lutney, S.Pd.

_________________________________________________________

Comments